Resep Masakan dan Makanan

Cooking recipes, cook your favorites meal and dish

Resep Membuat Soto Ayam Lamongan Pakai Udang Mantap


Soto ayam lamongan Aseliii...bening seger plus koya krupuk udang

Soto ayam lamongan Aseliii...bening seger plus koya krupuk udang

Hi sis, sekarang kita mau bikin soto ayam lamongan pakai udang. soto ayam lamongan pakai udang adalah salah satu masakan yang spesial untuk kita.
Bagaimana cara membuat makanan soto ayam lamongan pakai udang?
Berikut detailnya yang bisa kita ikuti untuk bikin soto ayam lamongan pakai udang :

Bahan :

  • 500 gr dada ayam kampung
  • 1,5 liter air rebusan kaldu ayam
  • 9 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 3 batang daun prei potong- potong
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1,5 cm kencur
  • 1,5 jahe
  • 1,5 cm kunyit
  • sejempol lengkuas
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 sdm bubuk kaldu ayam royco (optional)
  • secukupnya garam
  • Pelengkap:
  • 1 potong suwiran ayam
  • 1 butir telur rebus potongan
  • 1 bgks sohun yg udah direndam air
  • 1/4 buah kubis Irisan
  • secukupnya Bawang putih goreng
  • 1 batang Sledri, irisan
  • secukupnya koya kerupuk
  • secukupnya sambal rawit
  • sambal rawit,cabenya dikukus,dihaluskan,beri minyak goreng panas
  • 1 buah jeruk nipis untuk kucuran

Langkah :

  1. Rebus ayam beri sejumput garam masak sampai matang, angkat sisihkan kaldunya kurleb 1,5 lt.
  2. Angkat tiriskan sampai agak dingin kemudian suwir- suwir ayam, sisihkan.
  3. Goreng bawang putih, bawang merah, kencur, jahe, kunyit, serai geprek
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah, lada bubuk, ketumbar, kencur, jahe, kunyit.
  5. Tumis kembali bumbu yg sudah dihaluskan, lengkuas geprek, serai geprek,batang daun prei sampai harum hilang langunya dan warna bumbu mateng.
  6. Tambahkan air kaldu, masukkan daun jeruk purut test rasa, tambah garam, kaldu bubuk, kemudian rebus sampai kuah mendidih, matang dan siap di gunakan.
  7. Cara penyajian: ambil mangkok, taruh sohun, kubis, suwiran ayam, potongan telur rebus, bawang putih goreng, irisan sledri,siram dg kuah soto yg panas, sajikan bersama pelengkap koya kerupuk udang, sambel rawit, perasan jeruk nipis.

Itulah cara membuat resep soto ayam lamongan pakai udang, terimakasih banyak kepada Ingrid Soebagio yang telah berbagi Soto ayam lamongan Aseliii...bening seger plus koya krupuk udang.